Sekali di udara, tetap di udara!Bukan… Joe Satriani tidak pernah rekaman di Radio Republik Indonesia (kalau pernah, wah keren sekali!)… tapi setiap kali aku mendengar lagu ini (waktu itu si oom masih gondrong, belum botak):

…pasti teringat dengan Radio Republik Indonesia (RRI). Apa pasal? Konon katanya, beberapa detik pertama lagu “Always With Me Always With You” ini pernah dijadikan jingle RRI. Konon katanya pula, jingle ini kemudian membuat rating RRI naik dan banyak pendengarnya. Bisa jadi ini memang usaha pemasaran RRI untuk menggapai pendengar muda yang tak asing dengan lagu itu, apalagi waktu itu radio swasta macam Prambors lebih banyak didengar anak-anak muda.

Si Oom lagi konserKabar ini kudengar 10 tahun lalu waktu pertama kali mendengar lagu ini dari MP3 yang habis diunduh kakakku (waktu itu kami baru dapat sound card, baru pasang internet, MP3 mulai diperkenalkan, dan keranjingan nyari MP3 lewat internet). Lantas dia cerita kepada temannya dan aku yang lagi di dekatnya nguping lah pembicaraan mereka. “Ini lagu pernah jadi jingle-nya RRI loh, habis itu peringkat RRI jadi naik, hehehehe…” Waktu itu aku gak bisa konfirmasi karena memang aku jarang banget dengerin RRI dan gak ingat apakah lagu yang enak didengar itu memang bagian depan “Always With Me Always With You”.

Minggu lalu kuperdengarkan lagi lagu ini di rumah Yudi, lantas kutanya, “Eh Yud memang lagu ini pernah ya jadi jingle RRI?”
“Lha iya.”
“Trus katanya peringkat RRI jadi naik ya?”
“Iya tuh.”
Ooohhh…gitu…jadi benar adanya omongan kakakku sepuluh tahun lalu.

Ada lagi yang bisa cerita/konfirmasi?

Written by Tri L. Astraatmadja

After living for 10 years in Europe as a Master's student, PhD researcher, and a postdoc, in 2016 Tri L. Astraatmadja moved on to the United States for a second postdoctoral appointment at the Department of Terrestrial Magnetism, Carnegie Institution for Science, Washington DC. He is now in his third postdoc at the Space Telescope Science Institute in Baltimore, MD.

3 comments

  1. Pernah jadi backsound salah satu acara request lagu di RRI pro 2 fm kalo nggak salah.

    Dan pernah ada pendengar yang telepon minta lagu backsound itu diputar lengkap, alias minta pembawa acaranya mingkem dulu sesudah iklan sampai lagu habis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: