I regularly write in langitselatan, an Indonesian popular astronomy website, as well as in IndoProgress, an Indonesian progressive politics website. Below are my ten most recent writings on langitselatan. All are written in Bahasa Indonesia.

  • Semenjak dahulu, kita sudah mempertanyakan, adakah kehidupan lain di luar Bum? Tulisan ini akan mengupas bagaimana para astronom mencari planet. The post Cara-cara astronom mencari planet lain — Bagian 1: Metode transit appeared first on langitselatan.
  • Transit dalam konteks astronomi bermakna sebuah peristiwa ketika benda langit melintas di antara pengamat dan objek lain yang lebih besar. The post Transit Astronomi dari Masa ke Masa appeared first on langitselatan.
  • Pada bagian pertama kita telah mendiskusikan tiga permasalahan terkini terkait gravitasi dan bagaimana paradigma gravitasi sebagai fenomena entropi dapat menyelesaikan tiga masalah ini sekaligus: The post Gravitasi sebagai fenomena entropi – 2: Kurvatur ruang-waktu dan prinsip holografis appeared first on langitselatan.
  • Vera Rubin, astronom yang tercatat bersama koleganya Kent Ford sebagai yang pertama membuktikan keberadaan materi gelap, tutup usia dan meninggalkan kita untuk selama-lamanya dalam usia 88 tahun. The post Selamat jalan, Vera Rubin (1928–2016) appeared first on langitselatan.
  • Mungkinkan persoalan-persoalan gravitasi dewasa ini dapat diselesaikan dengan memandang gravitasi sebagai sebuah fenomena entropi? The post Gravitasi sebagai fenomena entropi – 1: Entropi dan perkelindanan kuantum appeared first on langitselatan.
  • John Glenn—astronot pertama dari Amerika Serikat yang berhasil mengorbit Bumi pada tahun 1962, senator Amerika Serikat, dan astronot tertua di dunia—meninggal dunia pada tanggal 8 Desember 2016 di kota Columbus,… The post John Glenn (1921–2016) appeared first on langitselatan.
  • Setelah 9 tahun mengangkasa akhirnya wahana New Horizons berhasil mencapai planet katai Pluto dengan terbang melintasi planet tersebut dalam jarak hanya 12500 km. Bagaimana New Horizons bisa ke Pluto? The post Mengenal laboratorium angkasa New Horizons appeared first on langitselatan.
  • Bulan biru atau blue moon hanyalah kiasan dan bukan keadaan ketika Bulan benar-benar berwarna biru. Bulan biru terjadi dalam dua keadaan ini: purnama ketiga dari empat purnama dalam satu musim, atau purnama kedua dalam satu bulan kalender. The post Bulan biru appeared first on langitselatan.
  • Pengumuman terbaru NASA mengenai penemuan Kepler-452b, sebuah planet yang mengorbit sebuah bintang mirip Matahari dan berada pada zona laik huninya adalah sebuah penemuan yang cukup besar. The post Beberapa komentar atas Kepler-452b appeared first on langitselatan.
  • Ini awalnya: kami ingin mengamati gerhana. Alasannya pun cukup dua kata saja: gerhana matahari. Pada tanggal 20 Maret 2015 terjadi gerhana matahari yang jalur totalitasnya melewati Samudera Atlantik Utara, Kepulauan… The post Mengamati gerhana matahari sebagian dari Heidelberg appeared first on langitselatan.