Welcome to my website!

This is the personal website of Tri L. Astraatmadja. I'm a postdoctoral researcher at the Max-Planck-Institut für Astronomie (MPIA) in Heidelberg, Germany. I am involved in the Gaia project, a space mission that will survey around 1 billion stars in our Galaxy.

Portrait of the Artist as a Young Man

On who I am and how I came to be.

It's all about painting with light

On the art and techniques of photography.

Weblog

Your (almost) regular dosage of astronomy-related, research-related, or life (or the complete lack thereof)-related blog posts.

Selamat Hari Buruh Internasional

April 30th, 2008

Poster CPN mendukung kemerdekaan Indonesia

Poster Partai Komunis Belanda (CPN---Communistische Partij van Nederland) yang diterbitkan menyongsong pemilu tahun 1933, mendukung kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Terjemahan teks: Indonesië los van Holland nu: Indonesia lepas dari Belanda sekarang juga, Geen volk is vrij, dat een ander volk onderdrukt: Masyarakat yang menindas masyarakat lainnya bukanlah masyarakat yang bebas (kutipan dari Karl Marx), dan Kiest communisten: Pilih Komunis. Sumber: International Institute for Social History (IISG), Amsterdam


Hari ini, 1 Mei, adalah Hari Buruh Internasional. Sebagaimana biasa, hari ini diperingati oleh kaum komunis sedunia, turun ke jalan mengorganisir pemogokan dan menyerukan tuntutan-tuntutan perubahan. Tidak hanya mengenai kondisi di tempat kerja, tapi juga kondisi nasional.

Kalau tidak salah ingat, sudah tujuh May Day berlalu semenjak aku terakhir terlibat aktif di dalam pengorganisirannya. Dua May Day lalu saja, waktu masih di Indonesia, rasanya aku gak ikutan. Hari Buruh Internasional kurang seru kalau gak ada lagu Internasionale atau Darah Rakyat.

Ayo nyanyi semuanya!

Bangunlah kaum yang terhina
Bangunlah kaum yang lapar
Kehendak yang mulia dalam dunia
Senantiasa bertambah besar

Hancurkan adat dan faham tua
Kita rakyat sadar-sadar
Dunia sudah berganti rupa
Tuk kemenangan kita

Perjuangan penghabisan
Bangkitlah melawan
dan Internasionale
pastilah di dunia

Lagu Internationale barangkali adalah lagu yang paling banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Bahkan lagu ini sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Klingon! (Entah siapa yang mau menyanyikan lagu ini dalam Bahasa Klingon) Ini misalnya, beberapa contoh:
[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=J_ZRygNpKwo&hl=en]

Sebagian besar bisa didownload di sini. Ngomong-ngomong, kalau penasaran dengan Internasionale yang mirip lagu India, sebenarnya itu Bahasa Kurdi.

Jangan lupa siang ini ikut aksi di Istana Merdeka, dan kenali muka-muka di sini! Salam ya kalau ketemu, hehehehe…

2 Responses

  1. intan says:

    Oi Tuince,

    I was googling for some pictures to put on my office’s wall – and there you go, I found an interesting one and it led me to YOUR blog! I guess we *are* soulmates made in Rawamangun.

Leave a Reply

Visitor

TrackbackTrackback from your site.

RSSComments follow via RSS.